RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran : Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar
Komunikasi
Kelas/Semester : XI / II (Dua)
Standar Kompetensi : Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar Komunikasi
Kompetensi Dasar : Melakukan komunikasi melalui telepon
Indikator :
1.
Panggilan dijawab
secara cepat, tepat, jelas dan sopan
2. Bantuan
ditawarkan kepada penelepon
secara bersahabat dan tujuan panggilan tertentu secara cepat
3. Pertanyaan
dijawab/ditransfer secara tepat begitu pula jika ada telepon yang mengancam
atau mencurigakan dicatat secara tepat
Alokasi Waktu : 4 pertemuan 2 jam pelajaran (8 x 45 menit)
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses belajar
mengajar siswa kelas XI
semester 2 dapat:
1. Mengetahui segala sesuatu tentang alat komunikasi
telepon.
2. Berbicara secara cepat, tepat, jelas dan sopan melalui
alat komunikasi telepon.
3. Mengetahui
etiket menggunakan alat komunikasi telepon
4. Menjawab
panggilan menggunakan alat komunikasi telepon dengan baik dan benar
5. Melakukan
panggilan keluar menggunakan alat komunikasi telepon dengan baik dan benar
II.
Materi
Pokok Pembelajaran
1.
Pengertian
telepon dan bagian-bagian telepon serta kegunaannya.
2.
Cara berbicara secara
cepat, tepat dan sopan melalui alat komunikasi telepon.
3. Mengetahui
etiket menggunakan alat omunikasi telepon
4. Menjawab
panggilan menggunakan alat komunikasi telepon dengan baik dan benar
5. Malakukan
panggilan keluar menggunakan alat komunikasi telepon dengan baik dan benar
III.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
Tanya-Jawab
3. Pemberian Tugas
4. Praktek
IV.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
A. Pertemuan ke 1
a) Kegiatan
awal (5 menit)
· Guru menyiapkan kelas dan siswa
·
Guru mengecek
kehadiran siswa (presensi/pengecekan)
·
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran
b) Kegiatan
inti (75 menit)
·
Guru melakukan
apersepsi kepada siswa tentang materi yang akan disampaikan
·
Guru menjelaskan
pengertian mengenai pengertian dan fungsi telepon
·
Guru menjelaskan
bagian-bagian telepon dan fungsi dari bagian-bagian telepon
·
Guru menjelaskan
bagaimana cara berkomunikasi menggunakan telepon
yang cepat, tepat, jelas dan sopan
c) Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru melakukan
tanya jawab kepada siswa mengenai materi yang telah di sampaikan
·
Guru menyimpulkan
intisari materi pelajaran yang telah di sampaikan
·
Guru memberikan
penugasan di rumah untuk membaca dan memahami materi berikutnya
B. Pertemuan ke 2
a) Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru menyiapkan
kelas dan siswa
·
Guru mengecek
kehadiran siswa (presensi/pengecekan)
b) Kegiatan
inti (75 menit)
·
Guru melakukan review
kepada siswa tentang materi yang telah disampaikan sebelumnya
·
Guru menjelaskan etiket menggunakan alat komunikasi telepon
·
Guru menjelaskan
bagaimana cara menjawab
panggilan menggunakan alat komunikasi telepon dengan baik dan benar
c) Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru melakukan
tanya jawab kepada siswa mengenai materi yang telah di sampaikan
·
Guru
menyimpulkan intisari materi pelajaran yang telah di sampaikan
·
Guru memberikan
penugasan di rumah untuk membaca dan memahami materi berikutnya
C. Pertemuan ke 3
a) Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru menyiapkan
kelas dan siswa
·
Guru mengecek
kehadiran siswa (presensi/pengecekan)
b) Kegiatan
inti (80 menit)
·
Guru melakukan review
kepada siswa tentang materi yang telah disampaikan sebelumnya
·
Guru menjelaskan
bagaimana cara malakukan
panggilan keluar menggunakan alat komunikasi telepon dengan baik dan benar
·
Guru memberikan
tugas kelompok untuk membuat percakapan menggunakan
telepon antara 2 orang.
c) Kegiatan
akhir (5 menit)
·
Guru mengumpulkan hasil
dari tugas kelompok
D. Pertemuan ke 4
a) Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru menyiapkan
kelas dan siswa
·
Guru mengecek
kehadiran siswa (presensi/pengecekan)
b) Kegiatan
inti (80 menit)
·
Guru melakukan
test praktek pada siswa mengenai menerima panggilan dan
melakukan panggilan menggunakan alat komunikasi telepon
c) Kegiatan
akhir (5 menit)
·
Guru memberikan
penilaiaan pada hasil kerja siswa
V.
Alat,
Bahan dan Sumber
Alat dan Bahan :
1.
Alat tulis
2.
Alat peraga (telepon)
Sumber:
1. Modul :
a. Forsyth,
Patrick. 2009. Penggunaan Telepon dalam
Penjualan. Jakarta : ARCAN
b. Saydam,
Gauzal. 2009. Sistem Komunikasi 1. Jakarta
: Djambatan
c. Croucher,
Phil. 2009. Komunikasi dan Jaringan
Kerja. Jakarta : Gramedia
d. Sumarto,
Rumsari Hadi dan Lukas
Dwiantara. 2000. Sekretaris Profesional. Jakarta
: Kanisius
e. Poerwadarmonto,
W.J.S., 1983. Kamus Umum
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
2. Sumber
lain yang relevan
VI.
Penilaian/Evaluasi
1. Jenis
Tes/Penilaian:
·
Pengamatan
kreatifitas siswa dalam menjawab pertanyaan, ketrampilan dalam melakukan
peragaan penggunaan alat komunikasi telepon serta penilaiaan minat, dan tingkah
laku siswa di dalam kelas serta proses dari hasil perkembangan pemahaman dan
pekerjaan siswa
·
Penilaiaan
afektif / sikap / non instruksional
·
Tes formatif
tertulis (individu)
·
Tes formatif
praktek (kelompok)
2. Pedoman
Penilaian
a) Pedoman
Penilaiaan Afektif
No
|
Kriteria
Penilaian
|
Bobot
|
1
|
Siswa aktif
saat mengikuti kegiatan KBM
|
30
|
2
|
Siswa berani untuk menjawab soal
dari guru dan benar
|
25
|
3
|
Siswa mampu berbicara menggunakan
bahasa yang cepat, tepat, jelas dan
sopan saat praktek menggunakan telepon
|
25
|
4
|
Siswa memperhatikan materi yang disampaikan
oleh guru
|
20
|
Jumlah
|
100
|
b) Pedoman
penilaiaan kognitif
Nilai
= Skor nilai x 100% = 100
Jumlah skor
Mengetahui
Yogyakarta,
.................................
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(.................................) (.................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar