- Menyusun serta mendistribusikan siaran berita (news release), foto-foto dan berbagai artikel untuk konsumsi kalangan media masa
- Mengorganisasikan konferesnsi pers, acara-acara resepsi dan kunjungan kalangan media masa ke organisai/perusahaan
- Menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi utama bagi kalangan media masa
- Mengatur acara wawancara antara kalangan pers (media cetak), radio dan televisi dengan pihak manajemen
- Memberikan penerangan singkat kepada fotografer, serta membentuk dan mengelola sebuah perpustakaan foto.
- Menyuntimg serta memproduksi jurnal-jurnal eksternaluntuk konsumsi para distributor, para pemakai jasa/produk perusahaan, para konsumen langsung, dan sebagainya.
- menulis dan membuat bahan-bahan cetakan seperti literatur pendidikan, sejarah perusahaan, laporan-laporan tahunan, literatur pelantikan untuk pegawai baru, aneka poster yang bersifat mendidik untuk sekolah – pegawai baru, aneka poster yang bersifat mendidik untuk sekolah-sekolah, dan lain-lain.
- Mempersiapkan berbagai bentuk instrumen audio-visual, seperti menyusun lembaran-lembaran slide untuk presentasi dan kaset rekaman vidio, termasuk melaksanaan distribusi, menyusun katalog, pameran dan pemeliharaannya.
- Mempersiapkan dan mengatur acara-acara pameran dan menjalankan eksibisi PR, termasuk juga menyediakan berbagai macam materi yang diperlukan.
- Mempersiapkan dan memelihara berbagai bentuk identitas perusahaan seperti logo perusahaan, berikut segenap komposisi warna, tipografi, dan hiasannya, pengaturan jenis-jenis kendaraan dinas, pkaian seragam para pegawai, dan sebagainya
- Menangani berbagai acara-acara sponsor yang berhubungan dengan kegiatan PR.
- Mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan berbagai kunjungan seperti fasilitas penerbangan/pelayaran, pengurusan tiket, persiapan akomodasi, tur, dan sebagainya
- Mengikuti rapat-rapat penting yang diselenggarakan oleh dewan direksi dan pimpinan perusahaan, serta rapat-rapat terbatas yang diadakan oleh kepala departemen produksi, pemasaran, penjualan, dan lain-lain.
- Mengikuti konferensi khusus yang diadakan oleh divisi penjulan, serta terlibat dalam pertemuan-pertemuan para agen.
- Mewakili perusahaan pada pertemuan asosiasi dagang/bisnis.
- Berhubungan dengan konsultan PR eksternal jika perusahaan/organisasi merekrut mereka.
- Melatih segenap staf PR.
- Mempersiapkan survei-survei pendapat dan berbagai macam penelitian lainnya.
- mengawasi tugas-tugas periklanan–berhubungan dengan biro iklan–bila fungsi periklanan memang dibebankan pada departemen PR.
- Berhubungan baik dengan kalangan politisi dan birokrat.
- Mengatur penyelenggaraan acara-acara resmi, misalnya berupa acara peresmian bangunan baru, termasuk mengatur para tokoh penting, tamu undangan, dan kalangan media masa yang datang meliput.
- Mengatur acara-acara kunjungan para pejabat penting, tamu kehormatan, maupun tokoh-tokoh asing ke perusahaan/organisasi.
- Mengadakan perayaan seratus tahun perusahaan, pemberian penghargaan dari pemerintah kepada perusahaan/organisasi atas prestasinya di bidang industri atau bidang lainnya.
- Mengorganisasi berbagai umpan-balik dari berbagai sumber informasi, mulai dari kliping koran/majalah, berita-berita radio dan televisi, serta memantau berbagai bentuk laporan dari luar.
- Menganalisis umpan-balik dan mengevaluasi hasil dari upaya untuk mencapai suatu tujuan.
( dari “Public Relation” edisi kelima oleh Frank Jefkins disempurnakan oleh Daniel Yadin)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar