Ingkang Ningali

Minggu, 27 Februari 2011

" Jenis-jenis Pekerjaan PR/Humas "



  1. Menyusun serta mendistribusikan siaran berita (news release), foto-foto dan berbagai artikel untuk konsumsi kalangan media masa
  2. Mengorganisasikan konferesnsi pers, acara-acara resepsi dan kunjungan kalangan media masa ke organisai/perusahaan
  3. Menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi utama bagi kalangan media masa
  4. Mengatur acara wawancara antara kalangan pers (media cetak), radio dan televisi dengan pihak manajemen
  5. Memberikan penerangan singkat kepada fotografer, serta membentuk dan mengelola sebuah perpustakaan foto.
  6. Menyuntimg serta memproduksi jurnal-jurnal eksternaluntuk konsumsi para distributor, para pemakai jasa/produk perusahaan, para konsumen langsung, dan sebagainya.
  7. menulis dan membuat bahan-bahan cetakan seperti literatur pendidikan, sejarah perusahaan, laporan-laporan tahunan, literatur pelantikan untuk pegawai baru, aneka poster yang bersifat mendidik untuk sekolah – pegawai baru, aneka poster yang bersifat mendidik untuk sekolah-sekolah, dan lain-lain.
  8. Mempersiapkan berbagai bentuk instrumen audio-visual, seperti menyusun lembaran-lembaran slide untuk presentasi dan kaset rekaman vidio, termasuk melaksanaan distribusi, menyusun katalog, pameran dan pemeliharaannya.
  9. Mempersiapkan dan mengatur acara-acara pameran dan menjalankan eksibisi PR, termasuk juga menyediakan berbagai macam materi yang diperlukan.
  10. Mempersiapkan dan memelihara berbagai bentuk  identitas perusahaan seperti logo perusahaan, berikut segenap komposisi warna, tipografi, dan hiasannya, pengaturan jenis-jenis kendaraan dinas, pkaian seragam para pegawai, dan sebagainya
  11. Menangani berbagai acara-acara sponsor yang berhubungan dengan kegiatan PR.
  12. Mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan berbagai kunjungan seperti fasilitas penerbangan/pelayaran, pengurusan tiket, persiapan akomodasi, tur, dan sebagainya
  13. Mengikuti rapat-rapat penting yang diselenggarakan oleh dewan direksi dan pimpinan perusahaan, serta rapat-rapat terbatas yang diadakan oleh kepala departemen produksi, pemasaran, penjualan, dan lain-lain.
  14. Mengikuti konferensi khusus yang diadakan oleh divisi penjulan, serta terlibat dalam pertemuan-pertemuan para agen.
  15. Mewakili perusahaan pada pertemuan asosiasi dagang/bisnis.
  16. Berhubungan dengan konsultan PR eksternal jika perusahaan/organisasi merekrut mereka.
  17. Melatih segenap staf PR.
  18. Mempersiapkan survei-survei pendapat dan berbagai macam penelitian lainnya.
  19. mengawasi tugas-tugas periklanan–berhubungan dengan biro iklan–bila fungsi periklanan memang dibebankan pada departemen PR.
  20. Berhubungan baik dengan kalangan politisi dan birokrat.
  21. Mengatur penyelenggaraan acara-acara resmi, misalnya berupa acara peresmian bangunan baru, termasuk mengatur para tokoh penting, tamu undangan, dan kalangan media masa yang datang meliput.
  22. Mengatur acara-acara kunjungan para pejabat penting, tamu kehormatan, maupun tokoh-tokoh asing ke perusahaan/organisasi.
  23. Mengadakan perayaan seratus tahun perusahaan, pemberian penghargaan dari pemerintah kepada perusahaan/organisasi atas prestasinya di bidang industri atau bidang lainnya.
  24. Mengorganisasi berbagai umpan-balik dari berbagai sumber informasi, mulai dari kliping koran/majalah, berita-berita radio dan televisi, serta memantau berbagai bentuk laporan dari luar.
  25. Menganalisis umpan-balik dan mengevaluasi hasil dari upaya untuk mencapai suatu tujuan.

( dari “Public Relation” edisi kelima oleh Frank Jefkins disempurnakan oleh Daniel Yadin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar